RPP Teknik Konstruksi Bangunan SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas X, XI, XII ini merupakan file terbaru yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini secara gratis.
File Name: RPP Teknik Konstruksi Bangunan SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas X, XI, XII
RPP Teknik Konstruksi Bangunan SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas X, XI, XII ini merupakan contoh perangkat administrasi terbaru yang akan kami bagikan kepada Bapak/Ibu yang bertugas sebagai guru Konstruksi Bangunan untuk jenjang SMK/MAK. RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah administrasi wajib bagi guru sebelum mengajar. Download RPP Konstruksi Bangunan SMK K13 ini untuk melengkapi administrasi anda sebagai guru SMA/MA/SMK/MAK dalam mempersiapkan diri untuk mengajar di Tahun Ajaran 2018/2019 baik Semester 1(Ganjil) maupun Semester 2 (Genap).
Tidak hanya sekedar administrasi, tetapi juga sebagai perencanaan anda dalam mengajar dikelas. RPP Konstruksi Bangunan ini dapat anda terapkan langsung hanya dengan mengganti datanya saja, tetapi lebih bagus lagi jika ini hanya sekedar referensi untuk anda membuat RPP Konstruksi Bangunan SMK Kurikulum 2013 sendiri. File ini kami sediakan untuk semua kelas mulai dari RPP Konstruksi Bangunan Kelas X Kurikulum 2013, RPP Konstruksi Bangunan Kelas XI Kurikulum 2013, dan RPP Konstruksi Bangunan Kelas XII Kurikulum 2013.
Dalam penyusunan RPP perlu menekankan prinsip penyusunan dan langkah - langkah dalam membuat RPP sebagai berikut:
- Perbedaan individual siswa antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan siswa. nbsp;
- Partisipasi aktif siswa.
- Berpusat pada siswa untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat,
- kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
- Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
- Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
- Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi
Langkah penyusunan RPP
- Mengkaji silabus (dengan adanya Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, maka silabus dikembangkan oleh guru mengacu pada komponen yang tercantum pada Permendikbud tersebut) (lihat Panduan Pengembangan Silabus).
- Melakukan analisis keterkaitan SKL, KI, KD dalam rangka merumuskan IPK, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan rencana penilaian sesuai dengan muatan KD. Untuk mata pelajaran Agama dan PPKn merumuskan IPK dari pasangan KD pada KI-1, KD pada KI-2, KD pada KI 3, dan KD pada KI 4, sedangkan mata pelajaran lain IPK dari pasangan KD pada KI 3 dan KD pada KI 4 (lihat Panduan Analisis Keterkaitan SKL, KI, dan KD)
- Menentukan alokasi waktu untuk setiap pertemuan. Penentuan ini berdasarkan hasil analisis waktu yang dibutuhkan untuk pencapaian tiap IPK dan disesuaikan dengan karakteristik siswa di satuan pendidikan.
- Merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan berdasarkan KD dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Menyusun materi pembelajaran. Materi pembelajaran dapat berasal dari buku teks pelajaran, buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi kekinian, atau konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar. Materi pembelajaran ini kemudian dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.
- Menentukan Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran yang sesuai.
- Menentukan media, alat, bahan yang digunakan dalam proses pembelajaran.
- Memastikan sumber belajar yang dijadikan referensi yang akan digunakan dalam
- langkah penjabaran proses pembelajaran.
- Menjabarkan langkah-langkah pembelajaran ke dalam bentuk yang lebih operasional
- (mengutamakan pembelajaran aktif/active leaning).
- Mengembangkan penilaian proses dan hasil belajar meliputi lingkup, teknik, dan instrumen penilaian, serta pedoman penskoran (lihat Panduan Penilaian
Dapatkan juga RPP untuk mapel lainnya seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, Biologi, Akuntansi, Antropologi, Sosiologi, Ekonomi, PAI, PPKN, IPA, Sejarah Indonesia, Seni Budaya, Bahasa Sunda, termasuk mapel produktif untuk jenjang SMK. Bapak/Ibu dapat langsung mengunduh file nya pada link yang sudah kami sediakan di bawah ini:
RPP Teknik Konstruksi Bangunan SMK Revisi Terbaru
Download RPP Teknik Konstruksi Bangunan SMK Kelas X K13
Download RPP Teknik Konstruksi Bangunan SMK Kelas XI K13
Download RPP Teknik Konstruksi Bangunan SMK Kelas XII K13
Download Juga !!!
Diharapkan RPP Teknik Konstruksi Bangunan SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas X, XI, XII ini dapat membantu anda dalam mencari referensi yang tepat. Kritik dan saran saya harapkan demi kemajuan blog ini dimasa yang akan datang. Dapatkan berbagai administrasi sekolah lainnya khususnya Perangkat Pembelajaran Guru, Kumpulan Soal Ujian, Buku Pelajaran, dll yang saya bagikan secara gratis.
Posting Komentar